Modul-Modul dan Fitur Inlis Lite

Perangkat lunak INLISLite yang beredar pada tahun 2014 adalah versi 2.1.2.

Modul-modul utma dan yang tersedia pada versi ini adalah Back Office, OPAC (Online Public Access Catalogue), Keanggotaan Online, Pendaftaran Anggota (Mandiri), dan Checkpoint (Buku Tamu)

Tampilan layar portal INLISLite

  • Modul Back Office
    Modul back office adalah bagian dari program aplikasi yang operasionalisasinya hanya boleh dilakukan oleh operator yang diberikan akun berupa username dan password serta hak akses tertentu sesuai dengan wewenang yang diberikan kepadanya. Dengan username dan password tersebut, operator dapat mengakses modul back office melalui mekanisme login.

    Tampilan layar login Back Office INLISLite

    Modul back office terdiri dari :

  1. Modul Akuisisi
    Modul ini digunakan untuk melakukan pengelolaan terhadap data koleksi / item / eksemplar yang diadakan (diakuisisi). Di dalam modul akuisisi ini terdapat sub-sub modul sebagai berikut :

    Setting Akuisisi
    Merupakan penentuan parameter-parameter dan master data yang akan dikaitkan dengan data koleksi yang diadakan. Setting akuisisi terdiri dari setting rekanan (vendor/distributor), seting kategori koleksi, setting sumber koleksi (sumber perolehan), setting media koleksi, setting lokasi (penempatan koleksi), dan setting nomor induk koleksi. Sebaiknya perubahan setting hanya dilakukan oleh seseorang yang diberi wewenang sebagai Administrator sistem.

    Entri Koleksi
    Merupakan sarana untuk memasukkan data koleksi. Di beberapa perpustakaan besar seperti Perpustakaan Nasional RI, alur kerja pengelolaan bahan pustaka dimulai dari kegiatan registrasi koleksi, setelah itu barulah dibuatkan data katalognya. Untuk perpustakaan alur kerjanya lebih sederhana, entri koleksi dapat dilakukan setelah pembuatan katalog di modul Katalog.

    Daftar Koleksi
    Merupakan sarana untuk menampilkan daftar dan mencari koleksi / item / eksemplar yang telah diinput melalui form entri koleksi, baik dalam modul akuisisi maupun modul katalog.

    Daftar Usulan Koleksi
    Ini adalah fitur tambahan yang masih memerlukan pengembangan lebih lanjut. Di sini akan ditampilkan data-data koleksi yang diusulkan oleh anggota perpustakaan melalui form usulan dalam modul OPAC

    Import Data dari Excell
    Merupakan sarana untuk melakukan import data koleksi (hasil hunting) yang diketik dalam format dokumen Excell

    Stock Opnam
    Adalah sarana untuk melakukan invertarisasi ulang terhadap koleksi yang dimiliki. Membandingkan antara data koleksi yang terimpan dalam pangkalan data dengan data koleksi fisik.

  2. Modul Katalog

    Modul ini digunakan untuk mengelola data katalog serta menghubungkannya dengan data koleksi / item / eksemplar. Di dalam modul katalog ini terdapat sub-sub modul sebagai berikut :

    Setting Katalog
    Merupakan penentuan parameter-parameter dan master data yang akan dikaitkan dengan data katalog yang dikelola. Setting katalog terdiri dari setting data tag, setting data referensi, setting data lembar kerja (jenis bahan), setting format kartu katalog, setting warna DDC, setting data penanggungjawab (kepala bidang pengolahan). Sebaiknya perubahan setting hanya dilakukan oleh seseorang yang diberi wewenang sebagai Administrator sistem.

    Entri Katalog
    Adalah sarana untuk menginput data bibliografi / katalog. Gunakan pedoman INDOMARC sebagai rujukan dalam pengisian form entri katalog ini. Setelah disimpan, katalog dapat dilengkapi dengan gambar cover bahan pustaka dan dokumen isinya jika memungkinkan.

    Salin Katalog
    Merupakan sarana untuk melakukan penyalinan katalog berbasis MARC. Beberapa perpustakaan yang menyediakan salinan katalog yang dimiliknya adalah Library of Congress (http://www.loc.gov) dan Perpustakaan Nasional RI melalui portal Katalog Induk Nasional (http://kin.pnri.go.id)

    Daftar Katalog
    Adalah sarana untuk menampilkan dan mencari katalog yang tersimpan dalam pangkalan data.

    Cetak Kartu Katalog
    Ini merupakan sarana untuk melakukan pencetakan kartu katalog bila dianggap masih diperlukan.

    Cetak Label
    Merupakan sarana untuk mencetak label bahan pustaka seperti label nomor panggil dan label barkod eksemplar. Anda juga dapat mencetak label berwarna melalui sarana ini.

    Cetak Label Berwarna (Satuan)
    Fitur ini digunakan untuk pencetakan label berwarna satu-persatu dengan ukuran label yang digunakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

    Koleksi yang Diterima
    Berisi daftar koleksi yang diinput dari modul akuisisi. Koleksi yang tercantum dalam daftar koleksi yang diterima ini belum dibuatkan data katalognya, atau belum dihubungkan dengan data katalog, sehingga harus dilakukan verifikasi oleh kataloger.

    Pengiriman Bahan Pustaka (Surat Pengantar)
    Merupakan sarana untuk membuat surat pengantar pengiriman koleksi yang telah siap untuk ditempatkan di rak-rak layanan. Biasanya ini diperlukan sebagai bukti pengiriman koleksi dari unit kerja pengolahan bahan pustaka kepada unit kerja layanan.

  3. Modul Keanggotaan

    Modul ini digunakan untuk melakukan pengelolaan data anggota perpustakaan. Dalam modul ini disediakan fitur untuk melakukan pengambilan foto secara langsung dengan web camera dan mencetak kartu anggota. Modul Keanggotaan mempunyai sub-sub modul berupa :

    Entri Anggota
    Merupakan sarana bagi petugas layanan anggota untuk melakukan input data anggota. Namun demikian, disarankan kegiatan ini dilakukan secara mandiri saja oleh pemustaka dengan menggunakan modul pendaftaran anggota yang disediakan di luar modul back office.

    Daftar Anggota
    Adalah sarana untuk menampilkan dan mencari data anggota yang telah terdaftar.

    Setting Keanggotaan
    Merupakan sarana untuk mengatur penampilan informasi pada modul pendaftaran anggota mandiri yang disediakan di luar modul back office. Dari sini juga diatur tampilan latar belakang kartu anggota. Sebaiknya perubahan setting hanya dilakukan oleh seseorang yang diberi wewenang sebagai Administrator sistem.

  4. Modul Sirkulasi

    Adalah modul yang digunakan untuk melakukan pencatatan transaksi peminjaman dan pengembalian koleksi. Sub-sub modul yang terdapat pada modul Sirkulasi ini adalah :

    Setting Sirkulasi
    Merupakan sarana untuk menentukan parameter-parameter terkait dengan transaksi peminjaman dan pengembalian. Terdiri dari setting hari libur, setting peraturan peminjaman, setting lokasi layanan peminjaman, setting jenis denda, setting jenis pelanggaran, dan setting lain-lain berupa maksimal jumlah koleksi dipinjam dan penghitungan hari Sabtu dan Minggu. Sebaiknya perubahan setting hanya dilakukan oleh seseorang yang diberi wewenang sebagai Administrator sistem.

    Data Pelanggaran
    Adalah daftar kejadian pelanggaran yang tercatat dilakukan oleh anggota setelah pengembalian koleksi dilakukan

    Entri Peminjaman
    Merupakan sarana untuk menginput transaksi peminjaman

    Daftar Peminjaman Adalah daftar koleksi yang masih berstatus dipinjam. Di sini jumlah hari terlambat akan terlihat jika melewati batas waktu peminjaman.

    Entri Pengembalian
    Merupakan sarana untuk menginput transaksi pengembalian

    Daftar Pengembalian
    Adalah daftar koleksi yang telah dikembalikan, baik tepat waktu maupun terlambat.

  5. Modul Laporan

    Modul laporan adalah sarana untuk membentuk dokumen laporan sesuai kriteria yang diatur oleh operator. Modul laporan terdiri dari :

    - Laporan perkembangan data katalog
    - Laporan perkembangan data koleksi
    - Laporan perkembangan data transaksi sirkulasi
    - Laporan perkembangan data pengunjung
    - Laporan perkembangan data anggota.

  6. Modul Administrasi

    Modul ini hanya boleh diakses oleh petugas yang diberi wewenang sebagai administrator. Modul administrasi dilakukan untuk pengelolaan data :

    Setting Hak Akses
    Adalah sarana untuk membentuk kelompok-kelompok (grup) hak akses yang nantinya dipetakan kepada user dalam rangka membatasi akses terhadap modul-modul program dalam INLIS Lite sesuai wewenang yang diberikan.

    Setting User
    Adalah saran bagi Administrator untuk membuatkan user account (username dan password) bagi setiap operator yang diberi wewenang menggunakan modul back office INLISLite

    Setting Nama Perpustakaan
    Merupakan sarana untuk melakukan perubahan nama Perpustakaan dan gambar logo yang akan tampil dalam setiap modul dalam INLISLite.

 

 

  • Modul OPAC (Online Public Access Catalogue)

    Tampilan layar modul OPAC

    Modul Online Public Access Catalogue (OPAC) adalah sarana bagi pemustaka untuk mencari data koleksi yang dibutuhkannya. Tidak perlu login untuk membuka modul program ini. Terdapat tiga jenis penelusuran yang disediakan dalam modul OPAC INLISLite yaitu :

    Penelusuran Sederhana (simple search)
    Ini adalah penelusuran dengan satu kriteria pencarian. Pemustaka hanya perlu mengisi kata kunci dan memilih ruas pencariannya (judul, pengarang, penerbit, dll, atau sembarang ruas)

    Penelusuran Lanjut (boolean search)
    Adalah penelusuran dengan satu atau lebih kriteria pencarian. Pemustaka dapat mengkombinasikan kata kunci pada judul, pengarang, penerbitan, dll untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Gambar tampilan layar penelusuran tingkat lanjut pada modul OPAC •

    Penelusuran berbasis MARC (MARC based search)
    Adalah fasilitas penelusuran dengan ruas-ruas pencarian berdasarkan komponen metadata MARC (Machine Readable Catalogue). Penelusuran jenis ini lebih diperuntukkan bagi pustakawan yang ingin lebih rinci dalam mencari data bibliografi. Gambar tampilan layar penelusuran berbasis MARC pada modul OPAC Dalam modul OPAC ini juga ditambahkan fitur berupa :

    - Sepuluh teratas koleksi yang sering dipinjam;
    - Sepuluh teratas koleksi terbaru (baru diinput ke dalam pangkalan data);
    - Tampung, yaitu semacam troli belanja yang berguna untuk menampung katalog-katalog yang dipilih dari hasil penelusuran;
    - Form usulan koleksi, yang dapat diisi oleh anggota saat judul yang diinginkan tidak ditemukan pada hasil pencarian. Data koleksi yang diusulkan ini akan tampil pada Daftar Usulan Koleksi di modul Akuisisi

  • Modul Keanggotaan Online

    Tampilan layar modul Keanggotaan Online

    Modul keanggotaan online dapat digunakan oleh anggota perpustakaan untuk melihat profil keanggotaannya serta daftar transaksi peminjaman yang pernah dilakukannya. Modul ini juga dapat dijadikan pengingat bila anggota tersebut belum mengembalikan koleksi yang dipinjamnya. Ke depan, modul ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi sarana untuk menampilkan transaksi baca di tempat, melakukan pemesanan bahan pustaka, serta mengajukan saran dan pertanyaan seputar layanan perpustakaan.

  • Modul Pendaftaran Anggota (Mandiri)

    Tampilan layar modul Registrasi Anggota Mandiri

    Ini merupakan sarana untuk pendaftaran keanggotaan secara mandiri. Dengan adanya modul ini diharapkan beban petugas layanan menjadi lebih ringan karena calon anggota dapat menginput sendiri data-datanya saat mendaftar menjadi anggota.

  • Modul Checkpoint (Buku Tamu)

    Tampilan layar modul Checkpoint (Bukutamu)

    Modul ini sebenarnya adalah buku tamu elektronik yang dapat digunakan sebagai pengganti buku tamu tradisional (tulis tangan). Dengan adanya modul ini diharapkan pencatatan data pengunjung perpustakaan menjadi lebih cepat dan laporan data pengunjung dapat segera terlihat kapanpun dibutuhkan. Saat ini jenis pengunjung yang dapat dicatat adalah anggota dan non anggota. Pada versi INLIS Lite berikutnya akan ditambah dengan pencatatan data pengunjung rombongan.

Create by 197502101999031001 at 08-10-2014

 

Hubungi Kami

Tim Pengembangan Aplikasi dan Situs Web
Sub Bidang Otomasi Perpustakaan
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Gedung Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi
Jl.Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430

Telepon / Faks : 021-3103554
E-mail :   info@pnri.go.id
Facebook : Inlislite Perpustakaan Indonesia